Pertemuan ke | Pokok Bahasan (Tujuan Intruksional Umum/TIU) | Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK) | Cara Pembelajaran | Media | Tugas | Referensi |
1 | 1.1 KONSEP KEBIDANAN KOMUNITAS 1.2 VISI INDONESIA SEHAT 2010 SEBAGAI LANDASAN BERFIKIR PELAYANAN KEBIDANAN Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 1.1 Pengertian/defenisi 1.2 Riwayat kebidanan komunitas di Indonesia dan beberapa negara lain 1.3 Fokus / sasaran 1.4 Tujuan 1.5 Bekerja di komunitas 1.6 Jaringan kerja kebidanan komunitas Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar kebidanan komunitas dengan benar. | Brain storming, CTJ, Diskusi, Role play | Flip chart, Multimedia, Hand out | - | BU 2 hal 436-437 BU 1 hal 634-635 BU 2 hal 437-442 BU 3 hal 1-8; 169-179 BA 9 |
2 | MASALAH KEBIDANAN DI KOMUNITAS Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 2.1 Kematian ibu dan anak 2.2 Kehamilan remaja 2.3 Unsafe abortion 2.4 BBLR 2.5 Tingkat kesuburan 2.6 Pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan 2.7 PMS 2.8 Perilaku dan sosial budaya yang berpengaruh pada pelayanan kebidanan komunitas Mahasiswa dapat mengidentifikasi maslah kebidanan di komunitas | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BU 3 BA 3 |
3 | 3.1 STRATEGI PELAYANAN KEBIDANAN DI KOMUNITAS 3.2 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB BIDAN DI KOMUNITAS Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 3.1.1 Pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat 3.1.2 Pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat 3.1.3 Menggunakan / memanfaatkan fasilitas dan potensi yang ada di masyarakat 3.2.1 Tugas utama bidan di komunitas 3.2.2 Tugas tambahan bidan di komunitas 3.2.3 Bidan praktek swasta Mahasiswa dapat menjelaskan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam kehamilan dengan tepat. | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out, Flip chart | Quiz | BU 1 hal 633-634 BU 3 hal 215-230 BA 2, 3, 7, 10 BU 1 hal 633-634 BU 3 hal 215-230 BA 3, 7, 10 |
4 | ASPEK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI BIDAN DI KOMUNITAS Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 4.1 Standar pelayanan kebidanan 4.2 Kode etik kebidanan 4.3 Standar asuhan kebidanan 4.4 Registrasi praktik bidan 4.5 Kewenangan bidan di komunitas Mahasiswa dapat menjelaskan aspek perlindungan hukum bagi praktisi Bidan di Komunitas | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BA 2, 7, 10 |
5 | 5.1 ASUHAN ANTENATAL 5.2 ASUHAN INTRANATAL 5.3 ASUHAN IBU POST PARTUM DI RUMAH 5.4 ASUHAN BAYI BARU LAHIR DAN NEONATUS Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 5.1.1 Standar asuhan kebidanan 5.1.2 Standar alat 5.1.3 Manajemen ibu antenatal 5.2.1 Standar pelayanan kebidanan 5.2.2 Persiapan bidan 5.2.3 Persiapan rumah dan lingkungan 5.2.4 Persiapan alat/bidan kit 5.2.5 Persiapan ibu dan keluarga 5.2.6 Manajemen ibu intranatal 5.3.1 Jadwal kunjungan di rumah 5.3.2 Manajemen ibu post partum 5.3.3 Post partum group 5.4.1 Jadwal kunjungan 5.4.2 Manajemen pada bayi baru lahir dan neonatus Mahasiswa dapat melaksanakan manajerial asuhan kebidanan di komunitas baik di rumah, posyandu dan polindes dengan fokus making pregnancy safer | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BU 1 ,2, 3 BA 3, 7, 9 |
6 | 6.1 PELAYANAN KESEHATAN PADA BAYI DAN BALITA 6.2 PERTOLONGAN PERTAMA KEGAWAT DARURATAN OBSTETRIC DAN NEONATUS (PPGDON) 6.3 PELAYANAN KONTRASEPSI DAN RUJUKANNYA 6.4 SISTEM RUJUKAN Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 6.1.1 Perawatan kesehatan bayi 6.1.2 Perawatan kesehatan anak balita 6.1.3 Pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita/deteksi dini 6.1.4 Imunisasi 6.4.1 Tujuan 6.4.2 Jenis 6.4.3 Jenjang tingkat tempat rujukan 6.4.4 Jalur rujukan 6.4.5 Mekanisme rujukan Mahasiswa dapat melaksanakan manajerial asuhan kebidanan di komunitas baik di rumah, posyandu dan polindes dengan fokus making pregnancy safer | Brain storming CTJ | Multimedia, Hand out | - | BU 1, 2 BA 1, 4 BU 1, 2 BA 1, 3, 5, 9, 10 |
7 | 7.1 PENGUMPULAN DATA DAN PWS 7.2 PERENCANAAN KEGIATAN 7.3 PELAKSANAAN KEGIATAN 7.4 PEMANTAUAN HASIL KEGIATAN Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas. | 7.4.1 Data sasaran 7.4.2 Data dasar 7.4.3 Data lainnya Mahasiswa dapat mengelola program KIA/KB di wilayah kerja | Brain storming CTJ | Flipchart Multimedia Hand Out White board | Membuat makalah dengan topik materi kuliah | BA 3, 6, 9 |
Download selengkapnya........