Senin, 29 Maret 2010

SAP kebidanan komunitas

0 komentar
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : KEBIDANAN KOMUNITAS
BOBOT : 4 SKS (T: 1,P:3)

Pertemuan ke

Pokok Bahasan

(Tujuan Intruksional Umum/TIU)

Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK)

Cara Pembelajaran

Media

Tugas

Referensi

1

1.1 KONSEP KEBIDANAN KOMUNITAS

1.2 VISI INDONESIA SEHAT 2010 SEBAGAI LANDASAN BERFIKIR PELAYANAN KEBIDANAN

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

1.1 Pengertian/defenisi

1.2 Riwayat kebidanan komunitas di Indonesia dan beberapa negara lain

1.3 Fokus / sasaran

1.4 Tujuan

1.5 Bekerja di komunitas

1.6 Jaringan kerja kebidanan komunitas

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar kebidanan komunitas dengan benar.

Brain storming,

CTJ,

Diskusi,

Role play

Flip chart, Multimedia, Hand out

-

BU 2 hal 436-437

BU 1 hal 634-635

BU 2 hal 437-442

BU 3 hal 1-8; 169-179

BA 9

2

MASALAH KEBIDANAN DI KOMUNITAS

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

2.1 Kematian ibu dan anak

2.2 Kehamilan remaja

2.3 Unsafe abortion

2.4 BBLR

2.5 Tingkat kesuburan

2.6 Pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan

2.7 PMS

2.8 Perilaku dan sosial budaya yang berpengaruh pada pelayanan kebidanan komunitas

Mahasiswa dapat mengidentifikasi maslah kebidanan di komunitas

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BU 3

BA 3

3

3.1 STRATEGI PELAYANAN KEBIDANAN DI KOMUNITAS

3.2 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB BIDAN DI KOMUNITAS

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

3.1.1 Pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat

3.1.2 Pelayanan yang berorientasi pada

kebutuhan masyarakat

3.1.3 Menggunakan / memanfaatkan

fasilitas dan potensi yang ada di masyarakat

3.2.1 Tugas utama bidan di komunitas

3.2.2 Tugas tambahan bidan di komunitas

3.2.3 Bidan praktek swasta

Mahasiswa dapat menjelaskan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam kehamilan dengan tepat.

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out, Flip chart

Quiz

BU 1 hal 633-634

BU 3 hal 215-230

BA 2, 3, 7, 10

BU 1 hal 633-634

BU 3 hal 215-230

BA 3, 7, 10

4

ASPEK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI BIDAN DI KOMUNITAS

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

4.1 Standar pelayanan kebidanan

4.2 Kode etik kebidanan

4.3 Standar asuhan kebidanan

4.4 Registrasi praktik bidan

4.5 Kewenangan bidan di komunitas

Mahasiswa dapat menjelaskan aspek perlindungan hukum bagi praktisi Bidan di Komunitas

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BA 2, 7, 10

5

5.1 ASUHAN ANTENATAL

5.2 ASUHAN INTRANATAL

5.3 ASUHAN IBU POST PARTUM DI RUMAH

5.4 ASUHAN BAYI BARU LAHIR DAN NEONATUS

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

5.1.1 Standar asuhan kebidanan

5.1.2 Standar alat

5.1.3 Manajemen ibu antenatal

5.2.1 Standar pelayanan kebidanan

5.2.2 Persiapan bidan

5.2.3 Persiapan rumah dan lingkungan

5.2.4 Persiapan alat/bidan kit

5.2.5 Persiapan ibu dan keluarga

5.2.6 Manajemen ibu intranatal

5.3.1 Jadwal kunjungan di rumah

5.3.2 Manajemen ibu post partum

5.3.3 Post partum group

5.4.1 Jadwal kunjungan

5.4.2 Manajemen pada bayi baru lahir dan neonatus

Mahasiswa dapat melaksanakan manajerial asuhan kebidanan di komunitas baik di rumah, posyandu dan polindes dengan fokus making pregnancy safer

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BU 1 ,2, 3

BA 3, 7, 9

6

6.1 PELAYANAN KESEHATAN PADA BAYI DAN BALITA

6.2 PERTOLONGAN PERTAMA KEGAWAT DARURATAN OBSTETRIC DAN NEONATUS (PPGDON)

6.3 PELAYANAN KONTRASEPSI DAN RUJUKANNYA

6.4 SISTEM RUJUKAN

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

6.1.1 Perawatan kesehatan bayi

6.1.2 Perawatan kesehatan anak balita

6.1.3 Pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita/deteksi dini

6.1.4 Imunisasi

6.4.1 Tujuan

6.4.2 Jenis

6.4.3 Jenjang tingkat tempat rujukan

6.4.4 Jalur rujukan

6.4.5 Mekanisme rujukan

Mahasiswa dapat melaksanakan manajerial asuhan kebidanan di komunitas baik di rumah, posyandu dan polindes dengan fokus making pregnancy safer

Brain storming

CTJ

Multimedia, Hand out

-

BU 1, 2

BA 1, 4

BU 1, 2

BA 1, 3, 5, 9, 10

7

7.1 PENGUMPULAN DATA DAN PWS

7.2 PERENCANAAN KEGIATAN

7.3 PELAKSANAAN KEGIATAN

7.4 PEMANTAUAN HASIL KEGIATAN

Mampu melakukan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas.

7.4.1 Data sasaran

7.4.2 Data dasar

7.4.3 Data lainnya

Mahasiswa dapat mengelola program KIA/KB di wilayah kerja

Brain storming

CTJ

Flipchart

Multimedia

Hand Out

White board

Membuat makalah dengan topik materi kuliah

BA 3, 6, 9




Download selengkapnya........